Siti Jenab


Semua warga cianjur pasti mengetahui nama ibu siti jenab, karena juga nama ini dijadikan sebagai nama jalan dan nama sekolah dasar. Salah satu pahlawan dari kota cianjur ini memiliki pahlawan yang memuliakan perempuan lewat jalur pendidikan, perempuan bangsawan ibu jenab, bersekolah di sekolah istri yang sudah dibangun sebelumnya oleh raden dewi sartika, setelah itu ia merasa prihatin karena kaum peempuan di cianjur dianggap remeh dan tidak ada apa-apa nya, sehingga siti jenab pun bertekad untuk mengangkat kaum perempuan menjadi setara dengan laki-laki lewat jalur pendidikan.

Siti jenab dengan kegigihannya menuarakan pendidikan dengan berkeliling ke rumah-rumah warga, sampai ia dapat dapat mendirikan sebuah sekolah yang dapat membantu pendidikan kaumnya, sekolah itu sampai sekarang masih ada sebagai salah satu cara mengenang kepahlawanan ibu siti jenab maka sekolah itu pun diberi nama sekolah dasar ibu siti jenab. Namun ssekolah dasar itu sekarang dari tempat asalnya dipindahkan ke lokasi yang berdektan dengan sungai dan lokasi lama mengalami pergusuran dan akan dijadikan tempat parkir. Semangat juang mencerdaskan anak bangsa ini patut dicontoh oleh kaum muda sekarang yang mengenyampingkan pendidika padahal dahulu begitu susah untuk memperjuangkan pendidikan, apa yang telah dilakukan oleh ibu siti jenab menjadi warisan yang luar biasa bagi sejarah cianjur karena memiliki pahlawan yang begitu hebat.

Raden siti jenab diusulkan menjadi pahlawan nasional oleh para pakar sejarah jawa barat, mengingat jasa ibu siti jenab memang pantas mendapatkan gelar itu. Sebagai salah satu warga yang tinggal di cianjur seharusnya kita dapat menjaga dan mlestarikan sejarah dan budaya kita itu adalah semacam aset bagi perkembangan kota cianjur menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Kota cianjur kini sedang gencar-gencarnya mengedepankan kearifan lokal, salah satunya mengedepankan sejarah mengenai pahlawan-pahlawan yang ikut terlibat dalam perkembangan kota kecil ini, selai ibu sii jenab tentunya ada beberapa lagi yang ikut menjaga pendidikan indonesia agar kaum perempuan dapat memiliki hak yang sama dengan laik-laki.

0 Response to "Siti Jenab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel